Tak Hanya Daun, Buah Ginkgo Juga Bisa Dimakan!

Jika berbicara soal ginkgo pasti kita akan langsung terpikir ke ekstrak dari daun tanaman ini yang biasanya diolah dalam berbagai suplemen dan obat herbal.

Tapi tahukah kamu kalau buah dan biji dari tanaman ini juga bisa dikonsumsi lho. Bahkan buahnya juga punya nutrisi yang tidak kalah dari ekstrak daunnya.

Lalu bagaimana sih cara mengonsumsi buah dari tanaman ini? Apakah aman untuk dikonsumsi setiap hari? Berikut ulasan terkait buah dan juga biji ginkgo selengkapnya untuk kamu!

Apa itu ginkgo?

Tanaman ini berbentuk pohon besar, dan memiliki daun yang menyerupai kipas. Tapi, tidak semua jenis pohon ini bisa menghasilkan buah yang bisa dimakan

Pohon ini masuk ke dalam jenis tanaman dioecious. Artinya bunga jantan dan bunga betina diproduksi oleh pohon yang berbeda. Pohon yang menghasilkan buah adalah pohon dengan bunga betina.

Pohon ini baru mulai memproduksi buah setelah lebih dari 20 tahun. Setelah itu ia akan memproduksi buah dalam jumlah yang sangat masif.

Apakah buah ginkgo dapat dikonsumsi?

Ya, buah dari tanaman ini aman untuk dikonsumsi. Tapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kamu hanya boleh mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Buah yang dihasilkan memiliki daging berwarna oranye kecoklatan dengan ukuran yang mirip dengan buah ceri. Namun sayangnya, buah ini memiliki bau yang sangat tidak sedap.

Umumnya, masyarakat akan mengonsumsi biji atau kacang yang ada di dalam buah ini. Biji sebelumnya dikeringkan dan dipanggang. Kacang dari biji ini memiliki tekstur lembut dan juga padat.

Tekstur kacangnya seperti perpaduan antara biji edamame, kentang, dan kacang pinus. Kadang ginkgo ini populer diperjualbelikan di beberapa negara seperti China, Jepang, dan Korea.

Manfaat

Kandungan dari kacang tanaman ini tidak kalah dari ekstrak bagian daunnya. Kacang ini sudah umum digunakan dalam metode pengobatan tradisional China.

Biji atau kacang dari tanaman ini mengandung beberapa vitamin mulai dari riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat. 

Selain itu ada juga kandungan mineral penting seperti tembaga, mangan, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, seng, dan selenium. Kandungan tembaga sendiri sangat penting yang untuk neurotransmisi, metabolisme, serta sintesis sel darah merah (RBC).

Berikut beberapa manfaat dan khasiat dari kacang ginkgo untuk kesehatan tubuh kamu:

1. Kontrol kadar kolesterol

Melansir LiveStrong, penelitian pada tikus menunjukkan kalau konsumsi kacang ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut ditemukan kalau kandungan kacang ini yang larut dalam lemak bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Bagus untuk fungsi otak

Mirip dengan ekstrak daunnya, kandungan dalam kacang ini juga bagus untuk kesehatan otak dan bantu menjaga fungsi memori.

Gangguan memori seperti Alzheimer dan kondisi lain yang ditandai dengan penurunan kognitif bertahap biasanya disebabkan oleh akumulasi plak lemak di otak.

Nah konsumsi kacang dan ekstrak tanaman ini bisa mengurangi jumlah penumpukan tersebut, dan mencegah atau menunda kondisi neurodegeneratif tersebut. 

3. Masalah pernapasan

Dalam pengobatan tradisional China, kacang ini sering digunakan dalam pengobatan orang dengan masalah pernapasan.

Hal ini berkat efek menghangatkan dari kacang tersebut. Bijinya juga dipercaya bisa bantu mengatasi asma, bronkitis, hingga penyakit saluran kemih.

Berapa batas konsumsinya?

Kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 10 biji kacang mentah atau yang tidak dimasak karena bisa menyebabkan keracunan.

Sementara untuk kacang yang sudah melalui proses pemasakan boleh dikonsumsi hingga 5 biiji untuk anak, dan 8 biji untuk orang dewasa.

Itu dia manfaat dari kacang ginkgo untuk kesehatan. Jika sulit mendapatkan kacangnya di pasaran, kamu bisa membeli bentuk ekstrak yang lebih praktis dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *