Kalmeco Kapsul: Manfaat dan Efek Samping

Jika Anda sedang mengalami gangguan saraf akibat diabetes atau biasa disebut dengan neuropati perifer atau neuropati diabetik, Anda bisa mengatasinya dengan minum obat kalmeco kapsul. Obat satu ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi gangguan saraf.

Kalmeco kapsul merupakan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit neuropati perifer atau kerusakan saraf tepi. Neuropati perifer adalah kondisi yang disebabkan oleh diabetes di mana terjadi gangguan karena kerusakan saraf pada anggota gerak tubuh. 

Sistem saraf perifer memiliki fungsi untuk menghubungkan respon sistem saraf pusat ke seluruh tubuh seperti organ dalam, mulut, wajah, tangan, dan kaki, atau penghubung antara otak dan sumsung tulang belakang.

Kalmeco juga dapat menjadi obat untuk mengatasi neuropati diabetik. Ini adalah kondisi di mana terjadi kerusakan saraf yang disebabkan oleh penyakit diabetes atau kadar gula darah yang tinggi terlalu lama. Kerusakan saraf yang terjadi pada penderita neuropati diabetik adalah pada saraf kaki dan biasanya dapat terjadi selama bertahun-tahun. 

Selain mengatasi gangguan saraf, kalmeco kapsul juga dapat digunakan untuk membantu defisiensi atau kekurangan vitamin B-12. Hal ini dikarenakan kalmeco memiliki kandungan zat aktif yaitu mecobalamin atau methylcobalamin. Zat ini merupakan bentuk aktif dari vitamin B-12.

Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin B-12 besar kemungkinan untuk menderita anemia pernisiosa. Ini adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu menyerap dengan baik vitamin B-12 yang masuk ke dalam tubuh. Penderita anemia pernisiosa harus berhati-hati. Sebab, jika tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan komplikasi yang sangat berbahaya seperti kanker lambung.

Tidak hanya mengatasi anemia persiosa dan defisiensi vitamin B-12, zat aktif mecobalamin atau methylcobalamin merupakan salah satu kandungan penting yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti penyakit gizi, alzheimer, dan rheumatoid arthritis atau peradangan sendi akibat sistem imun yang menyerang jaringan sinovium.

Methylcobalamin juga merupakan vitamin penting yang terlibat dalam produksi sel darah merah, kesehatan otak, dan pembentukan DNA. Kalmeco juga dapat memperbaiki gangguan dalam proses metabolisme asam nukleat dan protein di dalam jaringan saraf dan juga memperbaiki gangguan saraf sensoris dan saraf yang mengirimkan rangsangan ke otot atau motoris.

Sehingga, secara garis besar, manfaat kalmeco kapsul di antaranya adalah membantu mengatasi kerusakan sistem saraf perifer dan saraf tepi, membantu mengatasi diabetes dan anemia pernisiosa, serta Membantu mengatasi gangguan saraf akibat penyakit diabetes (neuropati diabetik).

Meski dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi, kalmeco merupakan obat keras yang penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Pasien yang menggunakan obat ini juga harus berhati-hati dengan efek samping yang ditimbulkan. Efek samping kalmeco meliputi

  • Diare

Jika terjadi diare saat mengonsumi kalmeco, minumlah sedikit air tetapi dalam waktu sering. Selain itu hentikan meminum obat sementara waktu dan berbicaralah kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat lainnya. 

  • Mual

Sementara itu jika terjadi mual, hindari makanan yang sulit dicerta dan jangan berbaring setelah makan. Berisitirahatlah terlebih dahulu dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Setelah itu, minum air putih yang banyak dan hentikan pemakaian obat sementara waktu. 

  • Muntah

Bicaralah kepada dokter Anda jika mengalami efek samping muntah saat mengonsumsi kalmeco. Selain itu, cobalah untuk lebih sering meminum air atau cairan lainnya untuk menghindari tanda dehidrasi. Jangan minum obat lain tanpa berbicara dengan dokter.

  • Sakit perut

Istirahatlah terlebih dahulu dan buatlah tubuh Anda rileks jika mengalami efek samping sakit perut. Makan dan minum secara perlahan dalam porsi sedikit dan lebih sering untuk membantu mengurangi efek samping ini.

  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Muncul ruam kulit atau kemerahan

Kalmeco kapsul merupakan obat keras yang harus dibeli sesuai dengan anjuran dokter. Pasien juga harus berkonsultasi terlebih dahulu mengenai dosis dan cara penggunaannya kalmeco berbeda-beda bagi setiap pasien. Selain kalmeco kapsul, dokter biasanya juga akan meresepkan kalmeco injeksi. Penggunaan kalmeco injeksi harus dibantu oleh tenaga medis. Sementara kalmeco kapsul dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *