Hendak Bepergian Ditengah Pandemi? Ini Hal yang Harus Anda Persiapkan

Perjalanan baik dalam kota maupun luar kota kini tak bisa dilakukan sebebas dulu. Meski begitu bukan berarti Anda dan keluarga tidak bisa bepergian di tengah pandemi. Hal ini tetap bisa dilakukan jika Anda mempersiapkan seluruh keperluan untuk perjalanan. Memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat bepergian di situasi seperti sekarang. Tujuannya tentu saja untuk terus meminimalisir resiko penyebaran serta menekan laju pertumbuhan virus.  Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan saat hendak bepergian? Simak penjelasannya disini:

  1. Dapatkan vaksin dua dosis

Vaksin merupakan syarat utama bepergian. Seluruh kegiatan perjalan kini menjadikan sertifikat vaksin sebagai syarat yang tidak boleh dilewatkan. Contohnya perjalanan melalui pesawat,  jika Anda tak memiliki Sertifikat vaksin dua dosis sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan vaksin, Anda tidak bisa melakukan perjalanan. 

  1. Test covid sebelum keberangkatan

Ada banyak jenis pemeriksaan serta test covid di Indonesia. Mulai dari Swab Antigen, Rapid Test, hingga Swab PCR. Anda dapat menyesuaikan test dengan kebutuhan atau syarat masing-masing perjalanan. Namun hingga saat ini, Swab PCR masih jadi salah satu jenis pemeriksaan yang paling dicari saat hendak melakukan perjalanan karena dinilai lebih akurat.

  1. Double mask

Diperlukan keamanan yang lebih ekstra saat bepergian. Untuk itu penggunaan double masker sangat dianjurkan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus yang bisa terjadi melalui droplet saat berbicara, batuk, ataupun bersin. Namun penggunaan double masker juga tak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Penggunaanya harus  tepat dan sesuai prosedur.  Di lapisan pertama Anda dapat menggunakan masker bedah, kemudian tambah dengan masker kain yang sesuai dengan ukuran wajah di lapisan kedua. 

  1. Terus perhatikan asupan

Hal satu ini dapat dikatakan sangat penting dan tak boleh disepelekan. Pastikan Anda tetap mengkonsumsi makanan bergizi tinggi serta makanan berserat setiap harinya. Sebab saat tubuh terus mendapat asupan yang baik, tubuh dapat jadi lebih fit dan terhindar dari resiko berbagai virus dan penyakit.

  1. Sediakan seluruh keperluan penting 

Jangan lupa untuk membawa seluruh keperluan penting seperti Masker cadangan, cairan pembersih tangan dengan alkohol minimal 60%, hingga obat-obatan pribadi Anda dan keluarga. Namun pastikan Anda membawanya sesuai kebutuhan sehingga tidak memberatkan.

  1. Vitamin

Agar tubuh bisa terus sehat dan tetap fit, bantu dengan konsumsi vitamin setiap harinya. Ada banyak jenis vitamin yang dapat Anda konsumsi untuk terus meningkatkan sistem kekebalan serta daya tahan tubuh agar tetap sehat seperti penggunaan vitamin C, B kompleks, D, serta Zink. 

  1. Pastikan tubuh tetap olahraga

Untuk mendapatkan tubuh yang fit Anda harus tetap melakukan olahraga. Tak perlu melakukan olahraga berat, Anda bisa lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar area tempat tinggal, naik turun tangga, atau senam. Yang terpenting adalah buat tubuh tetap aktif bergerak setiap harinya minimal 15-30 menit. 

Untuk melakukan vaksinasi serta pemeriksaan covid-19, Anda bisa mengunjungi  Kimia Farma Sukabumi yang terletak di Jl. Veteran II, No.2 Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Klinik Kimia Farma Sukabumi menyediakan berbagai layanan kesehatan mulai dari vaksinasi, tes antibodi, hingga tes covid-19. Tak hanya itu, terdapat pula  Laboratorium, Radiologi, Layanan Medical Check Up (MCU), hingga Apotek di yang disediakan Kimia Farma Sukabumi yang dapat memudahkan Anda dan keluarga mendapat layanan kesehatan yang diinginkan. Setelah pemeriksaan tes jangan lupa untuk terus jaga kondisi tubuh dengan tetap perhatikan asupan, konsumsi vitamin dengan rutin, serta tetap aktif bergerak agar tubuh dapat tetap fit dan sehat meski sedang bepergian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *