7 Fakta Menarik soal Pubertas Laki-laki

Baik anak laki-laki maupun perempuan pada saatnya akan mengalami masa puber. Pada masa ini, sejumlah gejala pubertas pun akan mereka rasakan secara signifikan yang berpengaruh bukan hanya pada fisik, melainkan juga mental. Namun, pubertas laki-laki maupun perempuan memiliki keunikannya masing-masing. 

Pada pubertas laki-laki, ciri-ciri masa puber akan lebih terlihat secara fisik. Di mana tinggi badannya akan bertambah pesat disertai pertumbuhan rambut di kisaran wajah yang mulai hadir tipis-tipis, seperti kumis maupun janggut. Di samping ciri-ciri pubertas laki-laki yang lebih terlihat secara kasat mata, sejumlah fakta menarik soal pubertas laki-laki pun menarik disimak. 

Berikut ini adalah berbagai fakta menarik soal pubertas laki-laki. Apakah Anda sudah mengetahui beberapa di antaranya atau justru Anda tercengang dengan fakta-fakta terkait pubertas laki-laki di bawah ini. 

Lebih Lambat daripada Perempuan 

Rata-rata masa puber remaja berada di kisaran usia 8—14 tahun. Namun, pubertas laki-laki biasanya lebih lambat daripada pubertas perempuan. Anak perempuan cenderung sudah mengalami pubertas mulai usia 9 sampai 10 tahun. Sementara itu, pubertas laki-laki biasanya berkisar mulai usia 11—13 tahun. Namun kebanyakan, anak laki-laki mengalami masa puber saat usianya 12 tahun. 

Growth Spurt Sebagai Tanda Awal 

Gejala fisik paling kentara sebagai awal masa puber laki-laki adalah growth spurt. Di mana tinggi badan anak akan cepat bertambah pesat dalam setahun. Yang biasanya tinggi badan hanya bertambah sekitar 5 sentimeter per tahun, memasuki masa puber pertumbuhan tinggi badan bisa mencapai 8 sentimeter. Pertumbuhan tinggi badan yang pesat ini merupakan tingkatan awal dimulainmya pubertas laki-laki. Namun, tidak jarang orang tua tidak menyadari growth spurt yang terjadia pada buah hatinya ini. 

Bukan Hanya Penis yang Memanjang 

Pubertas laki-laki kerap dikaitkan dengan kondisi alat kelamin yang membesar. Namun, kebanyakan orang hanya mengorientasi ukuran penis yang memanjang. Padahal yang justru lebih tampak adalah testis anak yang tumbuh membesar lebih cepat dibandingkan penis yang ukurannya bertambah panjang. 

Testis Tidak Seimbang 

Pada masa awal pubertas laki-laki, anak Anda mungkin akan merasa sangat malu ketika harus berganti pakaian bersama orang lain. Ini dikarenakan pertumbuhan testis yang membesar, namun tidak seimbang. Tidak jarang ditemukan salah satu testis pada anak laki-laki lebih rendah daripada testis lainnya. Hal ini sebenarnya normal, namun menjadi sumber kemaluan yang tidak terelakkan. 

Menjadi Lebih Emosional 

Anda mungkin berpikiran hanya anak perempuan yang mengalami peningkatan emosional ketika muncul siklus haid pada masa pubernya. Namun kenyataannya, laki-laki juga bisa tidak kalah emosional ketika sedang pubertas. Ini karena perubahan-perubahan baik fisik maupun suasana hati yang terjadi selama pubertas membuat emosional anak menjadi sulit terkendali. 

Payudaranya Bertumbuh Sementara 

Tahukah Anda bahwa bukan hanya pada perempuan, payudara bisa mulai bertumbuh saat memasuki pubertas. Laki-laki pun bisa mengalaminya ketika berada dalam masa puber. Hanya saja, pertumbuhan payudara laki-laki tidak terlalu tampak dan hanya bersifat sementara. Di mana nantinya pertumbuhan payudara akan segera berhenti ketika masa puber sudah terlewati. 

Pubertas Kedua 

Yang paling menarik pada pubertas laki-laki adalah masa transisi ini tidak hanya terjadi sekali seumur hidup layaknya pada perempuan. Anda pernah mendengar istilah pubertas kedua? Ini merupakan masa transisi yang bisa terjadi pada saat seseorang laki-laki berusia di atas 20, 30, atau 40 tahun. Sebenarnya, ini hanya sebutan dan bukan istilah medis asli. Disebut sebagai pubertas kedua karena pada masa ini terjadi perubahan bentuk tubuh yang signifikan sampai penghentian pertumbuhan pada laki-laki.

Sekarang sudah lebih paham soal pubertas laki-laki, bukan? Dari berbagai macam fakta soal masa puber laki-laki di atas, mana yang paling menarik? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *