Apa Sajakah Makanan Bayi 11 Bulan?

Makanan untuk bayi 11 bulan harus memenuhi standar gizi yang dibutuhkan. Sebab pada usia ini, bayi mulai belajar merangkak,  berdiri, dan makan sendiri sehingga membutuhkan berbagai macam nutrisi penting yang mudah dikonsumsi, untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Pada usia 11 bulan, bayi memerlukan sekitar 750 – 900 kalori per hari. Asupan kalori yang dibutuhkan bayi usia ini sebagian besar berasal dari  air susu ibu (ASI) ataupun susu formula. Selain susu, bayi usia 11 bulan sudah bisa diberikan makanan padat untuk memenuhi kebutuhan kalorinya.

Pada usia ini, indra perasa bayi sudah mulai berkembang, sehingga dapat diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan yang memiliki cita rasa berbeda. Namun jangan lupa untuk memerhatikan kandungan gizinya. Anda dapat memberikan makanan pokok sebagai sumber kalori utama, sayur dan buah sebagai sumber vitamin, dan lauk pauk sebagai sumber protein.

Berbagai jenis makanan bayi 11 bulan yang bergizi dan bisa Anda berikan, termasuk sereal gandum utuh, buah, sayur, ikan, ayam, tahu, keju, yoghurt dan produk susu lainnya. Anda juga dapat memberikan makanan bayi 11 bulan dalam bentuk finger food guna merangsang perkembangan motorik halus dan koordinasi bayi.

Agar makanan yang diberikan dapat lebih beragam, berikut inspirasi menu makanan bayi 11 bulan mulai dari sarapan pagi, makan siang, makan malam, hingga camilan sehat.

Menu sarapan

Menu sarapan yang bisa menjadi pilihan di antaranya

  • ¼ – ½ gelas sereal atau telur rebus.
  • ¼ – ½ gelas buah yang telah dipotong dadu.
  • 120 – 200 ml susu ASI atau susu formula.

Makan siang

Beberapa menu makanan bayi 11 bulan yang bisa diberikan di antaranya

  • Roti lapis berisi potongan keju parut (potong kecil-kecil agar bayi dapat mengonsumsinya dengan mudah).
  • Sup kaldu berisi sayuran lembut atau variasi isian lain seperti kacang tumbuk dan daging suwir.
  • 120 – 200 ml susu ASI atau susu formula.

Makan malam

Untuk makan malam, menu yang bisa diberikan di antaranya

  • Kentang tumbuk dengan taburan keju dan sayuran lunak
  • ½ gelas daging ayam atau tahu yang telah dipotong dadu.
  • ¼ cangkir buah.
  • 120 – 120 ml susu ASI atau susu formula.

Pada jeda sarapan ke makan siang atau jeda makan siang ke makan malam, Anda dapat memberikan camilan sehat. Camilan yang bisa diberikan di antaranya potongan keju, potongan sayur dengan tekstur yang lembut, biskuit atau biskuit bertekstur lembut, yoghurt dan potongan buah.

Salah satu perkembangan bayi yang sudah berusia 11 bulan adalah di antaranya sudah bisa makan dengan sendirinya menggunakan tangan dan sedang dalam proses belajar menggunakan sendok.

Anda bisa memberikan MPASI berupa cemilan pada bayi yang berusia 11 bulan di pagi dan sore hari, cemilan yang diberikan dapat berupa aneka finger foods seperti biskuit yang tidak mengandung garam, buah-buahan, ataupun sereal.

Di masa-masa ini, bayi sedang mengeksplorasi jenis-jenis makanan yang disukai dan tidak disukai. Hal yang lumrah bila Si Kecil menolak makanan yang disediakan, terkadang orang tua perlu memberikan makanan yang sama sebanyak 8 sampai 12 kali sebelum akhirnya bayi mulai menyukai makanan tersebut.

Saat ingin memperkenalkan jenis makanan yang baru, tunggulah sekitar tiga sampai lima hari sebelum memberikan jenis makanan baru. Apabila ragu, Anda bisa langsung membeli makanan bayi 11 bulan dalam toples yang bisa diperoleh dari supermarket. Namun, akan lebih baik jika Anda memasak sendiri makanan untuk bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *