Laboratorium Klinik Kimia Farma Kendari

Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah menjadi tujuan Laboratorium Klinik Kimia Farma Kendari, Madonga, Kendari. Dengan tekat dan kerja keras semua pihak, dalam kurun waktu delapan tahun, perusahaan ini akhirnya memiliki jaringan layanan laboratorium klinik salah satu yang terbesar di Indonesia. 

LABORATORIUM Klinik Kimia Farma yang beralamat di Jalan H. Abdul Silondae No.1, Mandonga, Kec. Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93111 terkesan biasa saja. Sama halnya dengan laboratorium pada umumnya, yakni terdiri dari Laboratorium, apotek dan layanan klinik lainnya. 

Tapi dengan ketekunan dan keseriusan, baik karyawan maupun pimpinan didukung manajemen yang tertata dan terencana dengan baik, membuat Laboratorium Klinik Kimia Farma ini mempu berkembang dengan baik dan memiliki jaringan terutama klinik pengelola layanan dengan baik. 

Ditambah lagi, Prosedur Medis yang menjadi  unggulannya cukup memadai, terutama pada peristiwa akhir-akhir ini yng melanda dunia, khususnya Indonesia, yakni covid-19. Diantaranya: 

Medical check up yang artinya pemeriksaan fisik atau pemeriksaan klinis merupakan proses dimana seorang dokter ahli memeriksa apakah tubuh pasien memiliki gejala klinis penyakit.

Hemodialisa, yakni sebuah proses pembersihan dan penyaringan darah menggunakan mesin untuk sementara membersihkan tubuh dari zat yang berbahaya yang sebenarnya dilakukan oleh ginjal. Masyarakat mengenalnya cuci darah.  

Terapi fisik atau yang biasa disebut fisioterapi merupakan tindakan penyembuhan atau rehabilitasi yang digunakan untuk menghindari atau mengurangi keterbatasan fisik yang disebabkan oleh cedera atau penyakit. 

Perawatan di rumah (Home Care), layanan perawatan kesehatan yang dapat diselesaikan di rumah. Dan layanan Home care ini dilakukan oleh tenaga perawat terlatih yang sudah bersertifikat. 

Spirometri adalah tes yang biasa digunakan untuk menilai fungsi paru-paru dengan mengukur seberapa banyak udara yang dihirup seseorang, seberapa banyak udara yang dihembuskan, dan seberapa cepat proses itu terjadi.

Pemeriksaan panoramik (panaromic) merupakan penunjang yang digunakan berupa foto rontgen dalam kedokteran gigi.

Urinalisis yaitu pemeriksaan yang dilakukan melalui analisisurine di laboratorium. Pemeriksaan ini brtujuan untuk mendeteksi atau mendiagnosispenyakit serta memantau kondisi keseatan dan fungsi ginjal.

Hematologi, yakni sebuah ilmu yang mempelajarai mengenai darah beserta gangguannya. Termasuk masalah anemia, gangguan pembekuan darah, leukemia, penykit infeksi, dll.

Prosedur Medis tersebut disiapkan Laboratorium Klinik Kimia Farma yang ada di Kota Lulo, julukan dari Kota Kendari inicukup lengkap dan memadai. Tidak salah bila keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat Kendari dan sekitarnya.

Perjalanan Sejarah

Seiring perjalanan waktu, sejarah pun muncul dimana Laboratorium Klinik Kimia Farma ini pada 2 Januari 2010 berubah menjadi entitas mandiri yang disebut PT. Kimia Farma Diagnostika (PT. KFD) sebagai anak perusahaan PT. Kimia Farma Apotek.

 Sebagai salah satu perusahaan yang didedikasikan untuk bidang layanan laboratorium klinis di Indonesia. Perubahan entitas tersebut benar-benar membuat perubahan besar. Laboratorium Klinik Kimia Farma menjadi lebih dikenal dan berkembang pesat.

Dan, pada akhir tahun 2017 PT. Kimia Farma Diagnostika telah berhasil mencatat sejarah baru dalam delapan tahun terakhir dan berhasil menjadi perusahaan dengan lembaga pelayanan laboratorium klinik terbesar kedua yang ada di Indonesia.

Keberhasilan ini juga sejalan dengan upaya ekspansi Kimia Farma sebagai strategi pertumbuhan. 

Pada awalnya, Klinik Kimia Farma dinamakan sebagai NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Berdasarkan kebijakan nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda pada masa awal kemerdekaan, pemerintah Indonesia menggabungkan beberapa perusahaan farmasi menjadi PNF atau Perusahaan Farmasi Negara pada tahun 1958. 

Bukan hanya itu saja, melainkan PT Kimia Farma pada tanggal 16 Agustus 1971, merubah bentuk hukum PNF menjadi perseroan terbatas dan akhirnya identitas perusahaan menjadi PT Kimia Farma (Persero). 

PT Kimia Farma (persero) kembali bertransformasi dan menjadi perusahaan terbuka atau berstatus sebagai bisnis publik atau umum pada tanggal 4 juli 2001, PT Kimia Farma (persero) Tbk, selanjutnya persero. Perusahaan yang berhasil dikonversi tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (sekarang kedua bursa tersebut telah bergabung dan sekarang disebut Bursa Efek Indonesia). 

Dengan berdasarkan pengalaman PT Kimia Farma 10 tahun, perusahaan telah bertumbuh dan berkembang sehigga menjadi perusahaan kesehatan yang terstrukdur dan terintegrasi di Indonesia. Perusahaan juga mempertimbangkan perannya dalam pembangunan dan pembangunan nasional, khususnya dalam pembangunan sistem kesehatan masyarakat Indonesia.

Jam Operasional

Laboratorium ni buka 6 hari, yakni Senin sampai Sabtu. 

Senin – Juma’t pukul 08:00 – 22:00 

Sabtu pukul 08:00 – 21:00

Fasilitas  Medis

Laboratorium

Fasilitas Umum

Parkir Mobil / Motor

Dokter :

Spesialis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *