Cara Tepat Meminum Jus Buah Bit Supaya Aman

Meminum jus buah bit merupakan pilihan yang cukup praktis untuk bisa mendapatkan semua nutrisi yang dikandung buah berwarna ungu tersebut.

Praktis karena Anda tidak perlu repot-repot dalam mengolah buah bit untuk dijadikan sebagai santapan bergizi.

Namun mengolah buah seperti bit haruslah cermat dan tepat sebab jika Anda salah dalam mengelola malah akan membuat Anda mengalami keracunan makanan atau malah gangguan pencernaan karena salah dalam mencampur banyak buah untuk dijadikan minuman.

Karena itu, Anda perlu melakukan beberapa hal di bawah ini supaya jus buah yang Anda buat tetap memberikan manfaat.

Cuci buah terlebih dahulu

Setelah Anda membeli buah sebaiknya sebelum diolah buah tersebut harus dicuci dahulu sampai bersih.

Hal ini karena buah masih tertempel oleh kuman dan bakteri yang jika tidak dicuci dapat mengakibatkan gangguan pada perut.

Anda bisa mencuci buah sampai bersih dengan menggunakan cuka yang dicampur air, yang terbukti lebih efektif membunuh kuman dan bakteri.

Selain itu, usahakan beli buah yang masih dalam keadaan utuh atau tidak terpotong karena buah yang sudah terpotong akan berkurang tingkat kebersihannya.

Jangan asal mencampurkan buah

Anda sepertinya ingin membuat jus yang tidak hanya dari satu buah, tetapi dari berbagai buah supaya banyak rasa dan manfaat yang dapat Anda terima.

Sebenarnya hal tersebut sangat tidak dianjurkan sebab malah akan menimbulkan efek samping yang bisa parah pada tubuh.

Kalaupun Anda ingin mencampurkan beragam jenis buah saat membuat jus, tentunya harus mencari buah yang satu sama lain tidak berlawanan.

Jangan Hanya meminum jus buah

Buah-buahan seperti buah bit memang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bahkan saat dijadikan jus.

Namun ternyata hal tersebut belumlah cukup jika ingin memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga Anda juga perlu memasukkan sayuran sebagai pelengkap saat membuat jus buah.

Namun juga Anda tidak boleh asal dalam mencampurkan buah dan sayuran supaya tidak menimbulkan efek samping. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa dicampur, yaitu mentimun, bayam, sawi, dan wortel.

Jangan Diminum setelah makan

Banyak orang yang langsung minum jus setelah makan padahal seharusnya mengonsumsi jus itu sebaiknya saat perut dalam keadaan kosong.

Karena, ketika perut dalam keadaan kosong sari buah dalam jus itu akan langsung menuju aliran darah sehingga mudah terserap tubuh.

Hal ini tentu berbeda jika Anda makan kemungkinan besar makanan yang Anda makan itu malah mencegah tubuh menyerap nutrisi dalam tubuh.

Karena itu, supaya jus buah yang Anda minum bermanfaat sebaiknya minumlah jus 2 jam setelah makan dan tunggulah 20 menit setelah minum jus untuk makan.

Langsung Diminum setelah dibuat

Ketika Anda selesai membuat jus segera diminum, dan jangan disimpan berhari-hari di kulkas supaya dingin. Kenapa?

Karena hal tersebut secara tidak langsung akan menyebabkan bakteri berkembang biak dalam jus yang tentu saja membuat asupan nutrisi menjadi tidak optimal.

Jangan meminum jus hanya sebagai pengganti makanan

Ini adalah hal yang harus Anda hindari. Kebanyakan orang merasa dengan meminum jus sama dengan mengganti makanan yang biasa dimakan setiap hari karena jus sendiri mengandung cukup banyak nutrisi.

Padahal hal ini tidak benar. Jus buah seperti jus buah bit hanya menyediakan separuh saja kebutuhan nutrisi Anda karena bagaimanapun Anda memerlukan karbohidrat, serat, protein, lemak, dan vitamin untuk menunjang aktivitas Anda sehingga Anda tidak kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *