Jangan Diremehkan, Atasi Sariawan Saat Hamil dengan Cara Ini

Sariawan saat hamil jangan dibiarkan begitu saja, segera atasi!

Apakah Anda sedang hamil dan mengalami sariawan? Meskipun sariawan terdengar sepele, tapi sariawan saat hamil sebaiknya tidak diremehkan. Anda perlu melakukan upaya khusus untuk mengatasi sariawan tersebut.

Kemunculan sariawan di masa kehamilan dipicu oleh berbagai faktor. Perubahan tubuh dan hormon di masa kehamilan Anda juga memberikan pengaruh terhadap kondisi kesehatan mulut Anda. 

Cara mengatasi sariawan saat hamil secara mandiri

Sariawan bukanlah kondisi serius yang perlu ditangani dengan perawatan medis tertentu. Anda bisa melakukan upaya perawatan mandiri untuk mengatasi sariawan tersebut. Ikuti cara-cara berikut ini: 

  • Berkumur dengan air garam

Air garam adalah solusi paling umum untuk mengatasi sariawan. Meskipun Anda sedang hamil, Anda tetap diperbolehkan untuk berkumur menggunakan air garam. Hanya saja, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan hal ini terlalu sering.

Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai boleh atau tidaknya menggunakan air garam untuk berkumur di masa kehamilan. 

  • Meminum jus buah atau sayuran sehat

Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang dipercaya memiliki dampak positif terhadap kesehatan mulut. Contohnya seperti buah melon, seledri, dan wortel.

Anda bisa mengolah buah atau sayuran tersebut menjadi jus, kemudian meminumnya. Ini merupakan salah satu cara mengobati sariawan saat hamil secara alami.

  • Mengonsumsi kunyit

Menurut penelitian, kunyit adalah rempah alami yang sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi sariawan. Kunyit memiliki sifat antiseptik alami serta antiinflamasi, sehingga mampu mengatasi pembengkakan pada bisul.

Anda bisa mencoba mengonsumsi kunyit untuk mengobati sariawan. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat minuman dari kunyit agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

  • Hindari kebiasaan merokok

Sebaiknya, jangan merokok ketika sedang hamil. Kandungan negatif pada rokok berpotensi terkena ke janin di dalam kandungan, sehingga membahayakan kesehatan bayi Anda. 

Selain itu, merokok juga memicu sariawan saat hamil yang semakin parah. Jika Anda ingin sariawan cepat sembuh, maka sebisa mungkin hentikan kebiasaan merokok Anda. 

  • Minum banyak air

Sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi air dalam jumlah besar di masa kehamilan. Banyak minum air akan mencegah Anda dari dehidrasi, serta membantu mengatasi masalah panas dalam. 

Biasanya, sariawan bisa timbul karena panas dalam atau ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Karena itu, atasi sariawan yang Anda alami dengan mengonsumsi lebih banyak air selama hamil. Tapi, pastikan minuman yang Anda konsumsi adalah air mineral biasa, bukan minuman bersoda atau berkafein.

Apakah sariawan perlu diatasi dengan obat?

Terkadang, sariawan yang sangat parah memang bisa menimbulkan rasa nyeri, sensasi terbakar, dan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan obat sariawan khusus untuk mengatasi benjolan sariawan di mulut.

Akan tetapi, di masa kehamilan, Anda harus selalu waspada terhadap segala obat yang digunakan. Sebaiknya, sebelum memakai obat sariawan, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Apabila dokter menganggap bahwa obat sariawan umum tidak aman bagi kandungan Anda, maka Anda bisa meminta dokter untuk meresepkan obat sariawan khusus. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengobati sariawan tanpa membahayakan kesehatan bayi.

Sariawan saat hamil bisa sangat mengganggu, apalagi di saat yang bersamaan Anda juga merasakan nyeri pada area tubuh lainnya. Jangan remehkan gejala sariawan yang muncul. Segera lakukan upaya perawatan mandiri agar kondisi sariawan tidak semakin mengganggu Anda dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *