Ini Macam-macam Manfaat Konsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil

Apakah Anda sedang hamil dan bertanya-tanya mengenai keamanan yogurt untuk ibu hamil? Wajar jika Anda ragu untuk mengonsumsi yogurt saat hamil, karena di masa kehamilan Anda harus selalu berhati-hati terhadap segala makanan yang dikonsumsi.

Beberapa orang mengira bahwa produk susu seperti yogurt bisa menyebabkan gejala kehamilan yang semakin parah dan lebih serius. Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena yogurt justru bisa memberikan beragam manfaat untuk kehamilan Anda.

Apa keuntungan mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil?

Ketika Anda sedang hamil dan memutuskan untuk mengonsumsi yogurt, Anda akan merasakan beberapa manfaat, seperti: 

  • Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin

Sama seperti produk susu lainnya, yogurt dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium ini sangat diperlukan di masa kehamilan, khususnya untuk membentuk tulang dan gigi janin.

Anda perlu mendapatkan asupan kalsium yang memadai agar bayi dalam kandungan pun bisa mendapatkan kalsium dengan maksimal juga. Untungnya, mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin meningkatkan asupan kalsium di masa kehamilan. 

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi cukup umum terjadi pada wanita yang sedang hamil. Meskipun peningkatan tekanan darah cukup wajar terjadi, bukan berarti boleh dibiarkan. Anda tetap harus mengontrol tekanan darah tersebut agar tidak berbahaya bagi kandungan.

Nutrisi di dalam yogurt dipercaya mampu menurunkan kadar tekanan darah dengan baik, khususnya bagi ibu yang sedang hamil. Selain itu, mengonsumsi yogurt juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

  • Mengontrol berat badan

Selama masa kehamilan, tentunya mudah bagi Anda untuk mengalami kenaikan berat badan. Ini sulit untuk dihindari. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Anda tetap bisa mengontrol kenaikan berat badan selama hamil, membuat kenaikan tersebut terjadi seminimal mungkin. 

Mengonsumsi yogurt bisa membantu mengendalikan berat badan agar tidak menimbulkan efek kesehatan yang lebih serius. Inilah salah satu keuntungan lain dari mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil. 

  • Memperlancar sistem pencernaan

Pada dasarnya, mengonsumsi yogurt bisa membantu untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Kemampuan ini datang dari bakteri baik yang ada pada yogurt. 

Bagi ibu hamil, bakteri ini juga bisa memberikan manfaat positif. Saluran pencernaan Anda akan memiliki kemampuan untuk  menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, sehingga nutrisi itu bisa disalurkan juga kepada bayi dalam kandungan. 

  • Mengatasi stres

Apakah Anda merasa stres di tengah masa kehamilan Anda? Ini merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Stres bisa terjadi akibat perubahan hormon serta perubahan fisik yang terjadi selama masa kehamilan. 

Kandungan di dalam yogurt mampu membantu mengatasi stres ini. Yogurt bisa memberikan rasa nyaman setelah dikonsumsi, sama seperti ketika Anda memakan kue atau es krim sebagai hidangan penutup.

Secara garis besar, ada banyak keuntungan mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil. Tidak perlu takut dengan kandungan bakteri di dalam yogurt, karena bakteri tersebut merupakan bakteri baik yang tidak berbahaya untuk janin.

Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa memilih yogurt untuk ibu hamil yang rendah lemak, sehingga kandungan kalorinya pun tidak terlalu tinggi. Selain itu, pilihlah yogurt dengan tambahan gula yang tidak terlalu banyak agar tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah atau diabetes selama hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *