Fludexin Sirup: Obat Pilek yang Aman untuk Balita

Siap atau tidak siap, flu dan batuk bisa menyerang si kecil kapan saja. Mereka bisa tertular dari orang dewasa yang ada disekitarnya, atau dari tempat yang biasa mereka kunjungi seperti taman bermain atau tempat penitipan anak. 

Flu dan batuk bisa menyebabkan demam sehingga anak menjadi rewel. Sebagai orang tua, pastinya ingin memberikan yang terbaik agar sang buah hati kembali sehat dan ceria. Secara umum ada banyak obat flu dan batuk yang dijual secara bebas. Namun mengingat usianya yang masih sangat kecil, ayah dan ibu harus berhati-hati memilih obat pilek. 

Untungnya ada Fludexin Sirup. Obat ini mengandung kombinasi bahan aktif yang terbukti ampuh meredakan pilek dan demam. Selain itu Fludexin Sirup juga aman diberikan pada anak usia di bawah 3 tahun. 

Deskripsi Obat

Fludexin merupakan obat flu yang  diproduksi oleh Ferron Par Pharmaceutical. Obat flu ini hadir dalam berbagai sediaan bentuk, salah satunya adalah sirup. 

Fludexin Sirup mengandung analgesik, antipiretik, sekaligus dekongestan yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam gejala flu, mulai dari hidung tersumbat, sakit kepala, hingga demam. Fludexin Sirup juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk kering. 

Kadar bahan aktif yang terkandung dalam Fludexin Sirup disesuaikan agar aman dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun hingga 12 tahun. Namun sebelum menggunakan obat untuk anak yang lebih kecil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping yang serius. 

Komposisi dan Kegunaan

Fludexin Sirup mengandung empat bahan aktif. Setiap 5 ml (satu sendok takar) obat mengandung:

  • Paracetamol 120 mg
  • Chlorpheniramine maleate 0.5 mg
  • Phenylephrine HCl 1.75 mg
  • Dextromethorphan HBr 3.5 mg

Chlorpheniramine maleate berkhasiat meredakan gejala flu seperti bersin-bersin, sedangkan phenylephrine HCl dan dextromethorphan HBr bekerja sama untuk mengatasi hidung tersumbat dan batuk kering. Adapun paracetamol merupakan obat analgesik dan antipiretik yang berfungsi mengatasi nyeri, sakit kepala, dan demam. 

Selain itu, Fludexin Sirup juga dapat digunakan untuk meredakan pilek, mata berair, dan sakit kepala karena reaksi alergi. 

Dosis dan Aturan Pakai

Berikut adalah aturan pemberian dosis Fludexin Sirup:

  • Anak usia 6-12 tahun: 1-2 sendok teh, diberikan 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 3-6 tahun: Diberikan 1/2-1 sendok teh, diberikan 3-4 kali sehari.

Untuk anak usia di bawah 3 tahun, pemberian Fludexin Sirup sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini karena dextromethorphan (DMP) memiliki cara kerja yang sama dengan morfin, sehingga pemberian tidak sesuai dosis bisa merangsang zat adiktif (kecanduan). 

Pemberian dextromethorphan kepada anak di bawah 3 tahun harus didasari dengan karakteristik penyakit dan umur. Namun, jika dilihat dari dosis yang tertera pada label kemasan, anak berusia 2 tahun bisa minum Fludexin Sirup dengan dosis 1/2 sendok teh, diberikan 3-4 kali sehari.

Efek Samping

Pemberian obat bisa menimbulkan efek samping seperti:

  • Mengantuk
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan psikomotor
  • Tarikardia
  • Aritmia
  • Mulut kering
  • Palpitasi
  • Retensi urin

Tidak semua anak mengalami efek samping yang sama. Pada sebagian anak, efeknya mungkin hanya mengantuk. Efek samping di atas bersifat ringan dan akan hilang setelah berhenti minum obat. 

Catatan

Ibu dan ayah disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan Fludexin Sirup pada anak terutama di bawah 3 tahun. Kandungan tertentu dalam obat bisa memperburuk suatu penyakit, sehingga anak dengan hipertensi, obesitas, dan hipersensitif terhadap obat simpatomimetik tidak dianjurkan untuk menggunakan Fludexin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *