Counterpain: Kegunaan, Aturan Pakai dan Efek Samping

Saat mengalami nyeri otot atau sendi biasanya masyarakat Indonesia pada umumnya akan menggunakan Counterpain. Obat ini merupakan salah satu obat yang paling populer dan sudah dipercaya selama bertahun-tahun untuk mengatasi nyeri ringan pada otot dan sendi.

Apa saja kegunaan Counterpain?

Counterpain memiliki kandungan bahan aktif, seperti metil salisilat, eugenol dan menthol yang mampu mengatasi peradangan di bagian otot dan sendi, serta memberikan sensasi dingin pada kulit yang diikuti dengan rasa hangat untuk meredakan nyeri pada otot dan sendi.

Apa saja varian produk Counterpain?

Counterpain tersedia dalam empat varian yang tersedia di Indonesia, antara lain:

  1. Counterpain Cream (warna merah)

Counterpain Cream berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada otot dan sendi, keseleo maupun encok. Counterpain cream memiliki kandungan bahan aktif, seperti metil salisilat, mentol dan eugenol. Produk ini tersedia dalam bentuk krim.

  1. Counterpain Cool Gel

Counterpain Cool Gel mengandung 4% menthol yang memberikan sensasi dingin untuk meredakan rasa sakit pada otot karena olahraga, keseleo, nyeri punggung maupun memar. Produk ini tersedia dalam bentuk gel yang tidak lengket atau meninggalkan noda.

  1. Counterpain Patch

Varian Counterpain ini tersedia dalam dua kemasan, yaitu Counterpain Patch dan Counterpain Patch Hot. Kedua varian ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi pada bahu, pinggang, leher, siku, lutut, terkilir serta memar. Counterpain Patch juga sangat lembut dan elastis di kulit, tidak mudah lepas dan memiliki aroma yang segar.

5. Counterpain PMX

Counterpain PMX merupakan satu-satunya produk Counterpain yang membutuhkan resep dari dokter untuk menggunakannya. Counterpain PMX merupakan gel anti indlamasi dan analgesik. Kandungannya hampir sama dengan Counterpain Cream yang berwarna merah, namun ditambah kandungan piroxicam.

Bagaimana dosis dan aturan pemakaian Counterpain?

Oleskan Counterpain tipis-tipis dan merata kira-kira 1 gram pada bagian tubuh yang mengalami nyeri sebanyak 3-4 kali per hari. 

Apa saja yang perlu diketahui sebelum menggunakan Counterpain?

Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan Counterpain, antara lain:

  • Jangan gunakan obat ini pada seseorang yang memiliki alergi terhadap metil salisilat, aspirin, menthol serta bahan lainnya yang terkandung dalam produk Counterpain.
  • Sampaikan ke dokter atau apoteker seputar obat-obatan yang sedang atau akan rutin dikonsumsi.
  • Beri tahu juga ke dokter atau apoteker apabila kamu memiliki riwayat penyakit asma atau polip hidung.
  • Jangan gunakan obat ini d area sekitar mata, mulut, hidung maupun alat kelamin.
  • Jangan gunakan obat ini pada area kulit yang baru saja terluka, dicukur atau teriritasi.
  • Agar bekerja dengan maksimal, jangan gunakan obat ini sesaat setelah mandi atau saat berolahraga. Hal tersebut akan menurunkan keefektivitasan obat saat akan digunakan.
  • Sebaiknya tidak  menutup area kulit yang baru saja diberikan obat dengan perban karena hal tersebut memungkinkan menimbulkan efek samping.
  • Obat ini juga sangat tidak disarankan untuk digunakan selama 3 bulan terakhir kehamilan karena dapat membahaykan bayi di dalam kandungan serta memicu berbagai masalah persalinan lainnya.
  • Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Apa saja efek samping obat Counterpain yang mungkin terjadi?

Setiap obat pasti memiliki efek samping yang mungkin saja terjadi. Penggunaan Counterpain juga mungkin saja dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti gatal, kulit kemerahan, sensasi dingin atau hangat yang terlalu menyengat di kulit, ruam, iritasi, kulit mengelupas maupun perubahan warna kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *