Cara Mandiri Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Sebagian besar orang pasti pernah merasakan sensasi tenggorokan gatal dan batuk. Ini bisa terjadi saat Anda mengalami flu, radang tenggorokan, atau saat kelelahan atau setelah mengonsumsi makanan pedas. 

Kondisi gatal di tenggorokan sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan bisa diatasi dengan mudah melalui konsumsi obat-obatan. Akan tetapi, kondisi ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan sampai mengganggu Anda untuk beraktivitas. 

Tenggorokan gatal terus-menerus bisa disebabkan oleh dehidrasi

Mengatasi tenggorokan gatal dan batuk di rumah

Agar penyembuhan menjadi lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikan penggunaan obat-obatan dengan perawatan mandiri di rumah. Perawatan mandiri yang bisa Anda coba meliputi: 

  • Menggunakan humidifier

Humidifier merupakan pelembab ruangan yang mampu memfilter udara di ruangan agar menjadi lebih segar. Humidifier bisa mencegah ruangan menjadi terlalu kering, sehingga udara di sekitar Anda tetap lembab dan terbebas dari debu. 

Secara tidak langsung, udara yang lembab bisa membuat tenggorokan Anda juga menjadi lebih lembab. Karena, tenggorokan Anda masih berkaitan dengan saluran pernapasan, sehingga udara yang Anda hirup akan memberikan efek juga pada tenggorokan. 

Selain itu, humidifier akan mencegah lendir menjadi kering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan. Oleh sebab itu, humidifier menjadi upaya perawatan mandiri yang cocok untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk. 

  • Berkumur dengan air garam

Salah satu cara lain yang bisa Anda lakukan adalah berkumur menggunakan larutan air garam. Ini merupakan cara yang sangat efektif apabila sakit tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. 

Gunakan air hangat dengan campuran ½ sendok teh garam. Kemudian, berkumurlah dengan air tersebut.

Garam memiliki peran dalam meredakan penumpukan lendir di tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal dan batuk. Sementara, air hangat berfungsi untuk meredakan iritasi. 

  • Madu

Banyak penyanyi yang menggunakan madu untuk meredakan sensasi tidak nyaman di tenggorokan. Anda pun bisa mengandalkan madu ketika merasakan tenggorokan gatal dan batuk. 

Anda hanya perlu menelan dua sendok teh madu alami. Penelitian telah membuktikan bahwa dua sendok teh madu bekerja dengan cara yang sama efektifnya seperti obat batuk biasa. 

Tapi, perlu diperhatikan, madu tidak boleh sembarangan diberikan pada anak-anak. Oleh sebab itu, madu sebaiknya hanya digunakan sebagai pereda sakit tenggorokan pada orang dewasa. 

  • Banyak minum air

Saat merasakan tenggorokan gatal dan batuk, Anda harus ingat untuk terus meningkatkan konsumsi air. Air berperan sangat penting dalam mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. 

Terkadang, dehidrasi juga bisa membuat tenggorokan menjadi gatal. Jangan sampai, radang tenggorokan Anda menjadi semakin parah karena Anda kekurangan cairan. 

Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman dingin selama radang. Sebaliknya, gantilah air dingin menjadi air hangat untuk membantu meredakan rasa gatal tersebut. 

  • Permen menthol

Permen mentol memiliki rasa yang unik karena memberikan sensasi pedas yang menusuk namun juga menyegarkan. Permen mentol umumnya terbuat dari bahan dasar daun mint yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat batuk.

Jika radang tenggorokan menimbulkan ketidaknyamanan, gunakanlah permen mentol untuk meredakan rasa sakit dan gatal sementara waktu. Namun, perlu diingat bahwa permen ini hanya bisa meredakan nyeri untuk sementara waktu, bukan menyembuhkan radang sepenuhnya. 

Apabila tenggorokan gatal dan batuk semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. Konsumsilah obat antibiotik apabila ketidaknyamanan di tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menghindari pemicu alergi apabila radang disebabkan oleh reaksi alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *